Lanjut ke konten

Perawan Maria

15 Oktober 2011

496 Sudah dalam rumusan-rumusan iman yang pertama, Gereja mengakui bahwa Yesus hanya oleh kuasa Roh Kudus dikandung dalam rahim Perawan Maria. Juga segi jasmani dari kejadian ini turut dinyatakan. Ia mengandung Yesus “tanpa benih, dari Roh Kudus” (Sin. Lateran 649: DS 503). Para bapa Gereja melihat dalam perkandungan oleh perawan ini, suatu tanda bahwa sungguh Putera Allah datang ke dalam kodrat manusiawi yang sama dengan kita.

Demikianlah santo Ignasius dari Antiokia [awal abad ke 2] berkata: “Kamu yakin dengan sepenuhnya tentang Tuhan kita, yang dengan sesungguhnya berasal dari keturunan Daud menurut daging, Putera Allah menurut kehendak dan kekuasaan Allah b, sesungguhnya dilahirkan dari seorang perawan …, sesungguhnya menderita dalam pemerintahan Pontius Pilatus … dipaku untuk kita dalam daging … dan ia menderita sesungguhnya, sebagaimana ia juga sungguh membangkitkan Diri” (Smyrn. 1 2).

497 Berita-berita dalam Injil menanggapi perkandungan yang perawan itu sebagai karya Allah, yang melampaui segala pengertian dan kemampuan manusiawi2. Malaikat berkata kepada Yosef tentang Maria isterinya: “Anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus” (Mat 1:20). Gereja melihat di dalamnya pemenuhan janji, yang Allah berikan melalui nabi Yesaya: “Lihatlah, seorang perawan akan mengandung seorang anak, dan akan melahirkan seorang putera” (Yes 7:14).

498 Kadang-kadang orang merasa bingung, karena Injil Markus dan surat-surat Perjanjian Baru tidak mengatakan sesuatu pun mengenai perkandungan Maria yang tetap perawan. Orang pun bertanya tanya, apakah di sini kita tidak berhadapan dengan legenda atau gagasan teologis, yang tidak ada maksud historis. Untuk itu perlu dijawab: Pada awal sejarah Kristen iman akan perkandungan yang perawan menimbulkan pertentangan ejekan, dan kurangnya pengertian pada orang yang bukan kristen, baik Yahudi mau pun kafir; jadi ia tidak dimotivasi oleh mitologi kafir atau oleh satu penyesuaian kepada ide zaman itu. Arti dari kejadian ini hanya dapat ditangkap oleh iman, yang melihatnya “atas dasar hubungan rahasia-rahasia iris sendiri antara satu sama lain” (DS 3016) dalam seluruh misteri Kristus, mulai dari penjelmaan-Nya menjadi manusia sampai dengan Paska. Sudah oleh santo Ignasius dari Antiokia diberikan kesaksian mengenai hubungan ini: “Bagi sang penguasa dunia ini keperawanan Maria dan persalinannya disembunyikan, demikian pula kematian Tuhan   tiga misteri yang berteriak dengan nyaring, yang terjadi dalam kesunyian Allah” (Eph 19,1).

From → Bunda Maria

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar